Kamis, 29 November 2007

Kanzu, si Pabrik Asu....

Menyambung cerita soal Papo, kali ini tentang pasangannya. KANZU. Meski namanya seakan-akan berbau aroma bahasa jepang, tapi sungguh nama ini tercipta dari singkatan Kancil (binatang kancil itu loh, yang sering diceritakan cerdik, masa ga tau sih!) dan Asu (anjing). Kira-kira kalo disambungkan, dulu waktu kecil si Kanzu ini bodinya kecil kurus, kakinya kurus juga, jadi kaya kancil, tapi Asu. gitu loh....

Waktu kecil nih anjing perempuan teramat sangat penakut. Pertama datang ke rumah ga bisa jalan saking takutnya. Gemetaran terus. UNtung dia datang sepaket ama Papo. lumayan ada temennya.
Tapi seiring berjalannya waktu, mulai deh terkuaklah borok-borok kebinalan anjing satu ini.
Kebetulan di belakang rumah itu ada kolam ikan yang lumayan besar. 5x2x1meter adalah. Meski, thanks to the great earthquake, ni kolam udah mengalami keretakan dan kebocoran disana-sini.Dulu si Kanzu suka menganggap kalo ni kolam adalah kolam renang pribadinya. Maka, sok bergaya anjing tajir aja ni makhluk satu, mau siang, malam, tengah malam, dini hari, pagi buta sekalipun, kalo dia pengen berenang tinggal nyemplung aja. Dan tinggal ibuku yang kerepotan ngehandukin anjing jelek ini. Dasar! dibiarin basah ntar juga kering sendiri.tapi sekarang hobi yang satu ini ga bisa dong dilakuin.
Yang kedua, ternyata ni anjing selain bercita-cita jadi perenang juga pengen jadi atlet lompat galah. Ato, lompat pagar?
Kisah diawali dari pintu samping yang sejak punya anjing terpaksa harus ditutup biar anjingnya ga keluar. Ibuku yang merasa cukup bumek kalo pintunya ditutup total, akhirnya memutuskan untuk memotong pintu menjadi dua. Jadinya, ntar diharapkan pintu bagian bawah ditutup tapi pintu bagian atas tetep bisa dibuka. Merasa bahwa ini adalah keputusan paling tepat, maka ibuku langsung memanggil tukan untuk memotong pintu. Tapi apa yang terjadi sodara-sodara? Baru lima menit tukangnya pulang sesudah memotong pintu, eh si Kanzu langsung melompati pintu bawah dan lari keluar. ckckckc... sesudah itupun kami menyaksikan Kanzu melompati pintu2 lain, mau setinggi satu meter ato 1,7 meter, mulus deh lompatannya. Tak terkecuali saat lagi bunting dan tinggal itung hari buat mbrojol, Kanzu masih bisa aja melompati pintu setinggi 1,7meter. Lebih tinggi dari aku tuh.
Terakhir, yang paling bikin geleng-geleng kepala nih. Entah bagaimana, si Kanzuiniteramat sangat suka kawing. dan tahu sendirilah rentetan kalo kawin tanpa pengaman (baca kondom), pastilah muncul buah dari perbuatan bodoh ini.
Sampai saat ini kalo aku ga salah itung Kanzu sudah pernah menghasilkan 36 anak anjing. Wuihh... banyak juga ya. Itu dari empat kali beranak. Dan kalo semua idup dan ga dibagi-bagi.
Pertama kali beranak pas Kanzu masih 11bulan. Dasar gatel. Beranak kedua terjadi 11 bulan kemudian. (padahal di antaranya si Kanzu sempat kawin, tapi ga jadi). Beranak ketiga, selang tujuh bulan kemudian. Awalnya aku kira udah selesai. Ga da cerita beranak-beranak lagi. Tapi, selang dua tahun muncullah si Pandawa Lima, lima anak Kanzu yang berhasil idup dan semuanya cowok.
Sampai sekarang doaku cuma, ya Tuhan, semoga Kanzu ga beranak lagi. Capek!!!!

Tidak ada komentar: